Pelajari tentang nyeri leher

Nyeri leher dapat diakibatkan oleh stres, ketegangan, dan postur yang buruk, dan cenderung lebih memengaruhi kita seiring bertambahnya usia kita. Berikut ini kita akan menelusuri penyebabnya dan bagaimana meredakan nyeri leher.

Obati nyeri Anda

Gejala nyeri leher

Kekakuan atau simpul di leher Anda dapat menyebabkan nyeri, yang dapat menjalar ke bahu, punggung atas, atau tangan.

Nyeri leher dapat dikaitkan dengan kompresi saraf di leher yang dapat menyebabkan mati rasa, kelemahan, atau sensasi kesemutan di tangan dan lengan Anda.

01

Nyeri leher juga dapat disertai dengan perasaan otot yang kejang dan tegang serta sakit kepala.

02

Anda dapat mendengar atau merasa ada bunyi klik atau menggeretak saat menggerakkan kepala, disebabkan oleh tulang yang saling bergerak berhadapan atau ligamen yang bergesekan pada tulang.

03

Bagaimana nyeri leher dapat memengaruhi Anda?

Nyeri leher dapat menjadi sakit yang nyata di leher dengan mencegah Anda melakukan gerakan paling dasar, seperti memutar kepala untuk melihat sekeliling Anda atau mengangkat tas belanja, tanpa merasa tidak nyaman.

Obati nyeri Anda

TAHUKAH ANDA?

Jika Anda bangun dengan leher terpelintir ke satu sisi dan mengunci di posisi tersebut, ini bisa jadi tortikolis akut. Kondisi ini merupakan akibat dari cedera pada otot leher Anda. Penyebabnya dapat mencakup postur yang buruk atau penopang yang buruk saat tidur. Biasanya, kondisi ini hanya bertahan 24-48 jam, namun perlu waktu seminggu untuk membaik.*

77% orang merasakan nyeri leher.**

*Nyeri leher dan leher kaku - Pilihan NHS. 2016. Nyeri leher dan leher kaku - Pilihan NHS. [ONLINE] Tersedia di: http://www.nhs.uk/Conditions/neck-pain/Pages/Introduction.aspx. [Diakses 18 April 2016].
**GSK Global Pain Index Research (Riset Indeks Nyeri Global GSK) 2014 – laporan lengkap hal. 47

Mengapa Anda mengalami nyeri leher?

Ada banyak sebab nyeri leher, mulai dari cedera hingga kondisi seperti osteoartritis, atau akibat stres, ketegangan atau postur yang buruk. Ini merupakan masalah yang sangat umum, meskipun kita lebih mungkin menderita karena sakit leher dan nyeri seiring bertambahnya usia.

Perhatikan postur Anda

Perhatikan postur Anda

Salah satu penyebab paling umum nyeri leher adalah otot yang tegang atau terkilir yang berkaitan dengan postur yang buruk, misalnya saat menonton TV atau duduk di depan komputer, tidur pada posisi yang tidak nyaman, atau terpelintir dan mengembalikan leher dalam cara yang ekstrem. Ketegangan pada otot leher juga dapat disebabkan oleh stres.

Sebab anatomi dan kecelakaan

Sebab anatomi dan kecelakaan

Nyeri leher juga dapat diakibatkan dari cedera seperti tabrakan, saat seseorang menabrak mobil Anda dari belakang, misalnya, dan kepala Anda terhentak ke belakang dan ke depan. Penyebab lain mungkin anomali dalam anatomi struktur leher Anda, seperti ketidaksejajaran sendi di leher yang buruk (disfungsi serviks). Pada kedua kasus ini, Anda harus mencari bantuan profesional dari dokter Anda.

Penanganan ahli

Jarang nyeri leher merupakan gejala dari masalah yang lebih serius dan biasanya dapat diredakan dengan melakukan langkah-langkah sederhana di rumah. Obat penghilang nyeri dari apotek sering kali merupakan cara terbaik untuk mengobati nyeri leher, diminum atau dioleskan langsung ke bagian yang sakit. Anda juga dapat mencoba kemasan panas atau dingin, latihan leher perlahan untuk meningkatkan gerakan, dan memeriksa postur Anda untuk memastikannya tidak menimbulkan masalah yang lebih buruk. Namun, jika nyeri leher Anda disertai dengan mati rasa, hilangnya kekuatan pada tangan atau lengan, atau nyeri yang menusuk ke bahu atau tangan, maka sebaiknya Anda menemui dokter. Anda dapat bertanya kepada tenaga ahli kesehatan tentang latihan yang sesuai seperti peregangan dan gerakan perlahan untuk memulihkan kekuatan dan fleksibilitas. Jika sakit berlanjut, dokter dapat memerintahkan tes pencitraan seperti sinar-X, MRI, atau CT scan.

Penyebab sederhana nyeri leher 

Postur yang buruk sewaktu menonton TV atau layar komputer
Tidur dalam postur yang tidak nyaman
Terpelintir atau memutar leher dalam cara yang ekstrem
Tegang yang berkaitan dengan stres

Jelajahi beragam produk kami

Cari tahu bagaimana produk kami dapat membantu Anda

Temukan beragam produk Voltaren untuk mengetahui produk yang tepat untuk mengobati nyeri Anda.

Selengkapnya

Voltaren Emulgel produk

Pelajari lebih lanjut

Apa itu nyeri?

Dapatkan pemahaman lebih baik mengapa tubuh kita merasakan sensasi nyeri dan hal-hal yang menyebabkan nyeri pada tubuh.

Selengkapnya

Bagaimana Voltaren bekerja?

Pelajari cara kerja Voltaren untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan.

Selengkapnya

Olahraga dan tubuh Anda

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat olahraga dan bagaimana agar tetap bugar dapat membantu Anda sehat dan bebas nyeri.

*WHO | Aktivitas fisik. 2016. WHO | Aktivitas fisik. [ONLINE] Tersedia di: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs385/en/. [Diakses 20 April 2016].

Selengkapnya
26% pria dan 35% wanita di negara-negara berpendapatan tinggi tidak mendapatkan latihan yang memadai 26% pria dan 35% wanita di negara-negara berpendapatan tinggi tidak mendapatkan latihan yang memadai