Memahami Nyeri

Apa itu nyeri?

Dapatkan pemahaman lebih baik mengapa tubuh kita merasakan sensasi nyeri dan hal-hal yang menyebabkan nyeri pada tubuh.

Mendefinisikan nyeri tubuh

Nyeri adalah sensasi tidak menyenangkan yang dapat membatasi kapabilitas dan kemampuan seseorang untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. Sering kali nyeri menjadi sinyal peringatan awal untuk memperingatkan Anda bahwa ada sesuatu yang tidak benar di tubuh Anda. Definisi nyeri yang diterima secara luas dikembangkan oleh Internasional Association for the Study of Pain (Asosiasi Internasional untuk Penelitian Nyeri): “Nyeri adalah sensor tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang berkaitan dengan kerusakan jaringan yang potensial atau aktual atau dijelaskan dalam istilah tersebut.”

Nyeri tubuh dapat beragam mulai dari yang ringan, ketidaknyamanan lokal hingga yang menyakitkan. Nyeri bisa menjadi akut dan berlangsung singkat, atau menjadi masalah jangka panjang yang kronis. Nyeri akut memiliki fungsi pelindung bagi manusia, mengajarkan kita untuk menghindari kerusakan tubuh, atau situasi yang berpotensi merusak, dan melindungi bagian tubuh yang cedera sewaktu ia menyembuhkan diri.

Nyeri tubuh adalah kejadian umum dan terkadang dapat memengaruhi rutinitas kita sehari-hari. Nyeri dapat menjadi kronis, jika tidak tertangani atau ditangani secara salah. Jika ini terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis nyeri di halaman ini (“tipologi nyeri”).

Mendefinisikan nyeri tubuh

TAHUKAH ANDA?

Nyeri tubuh lebih dari sekadar sensasi fisik sebagaimana 67% masyarakat dunia merasakan bahwa hal tersebut menurunkan kualitas hidup.*

Mengapa kita mengalami nyeri?

Nyeri bisa menjadi perasaan yang tidak nyaman, dan beberapa orang berusaha keras guna menemukan cara untuk meredakan nyeri. Jika kita tidak dapat merasakan nyeri, kita tidak akan dapat menghindari cedera berulang atau kerusakanan permanen pada tubuh kita. Nyeri berkembang sebagai mekanisme pertahanan yang memperingatkan kita pada cedera, selanjutnya memungkinkan kita untuk melindungi tubuh.

Nyeri dikontrol oleh sistem saraf dan merupakan proses yang sangat kompleks. Nyeri terjadi saat rangsangan eksternal, misalnya, menyentuh panci panas, memicu sel saraf reseptor untuk mengirim pesan melalui sumsum tulang belakang ke otak. Reseptor ini dapat merasakan panas, dingin, cahaya, sentuhan, tekanan, dan nyeri. Nyeri dapat menyebabkan gejala fisik lainnya, seperti mual, pusing, dan lemah.

Sering kali, dorongan pertama ketika merasakan nyeri tubuh adalah berhenti bergerak. Banyak orang percaya bahwa istirahat akan membantu pemulihan, namun faktanya, terkadang, gerakan sedang dapat mendukung pemulihan yang lebih cepat.

Mengidentifikasi dan menangani nyeri

Nyeri memperingatkan kita untuk melindungi diri dari bahaya lebih lanjut. Namun, nyeri tubuh juga dapat menyulitkan aktivitas sehari-hari dan memperlambat pemulihan pergerakan. Mungkin yang paling signifikan, nyeri dapat mengubah gaya hidup Anda dan berdampak pada pekerjaan, hubungan, dan kemandirian Anda. Nyeri selalu subjektif dan setiap individu akan merasakan nyeri dengan caranya sendiri.

88% orang di dunia merasakan nyeri tubuh

Nyeri akut biasanya datang tiba-tiba dan merupakan pertanda bahwa tubuh Anda mengalami kerusakan. Nyeri akan hilang setelah cedera disembuhkan. Nyeri kronis berlangsung lebih lama dari nyeri akut dan terkadang resistan terhadap pengobatan. Biasanya berkaitan dengan penyakit jangka panjang. Berbeda dengan nyeri akut, nyeri kronis cenderung berkaitan dengan disfungsi atau penyakit yang menetap. Jika Anda mengalami nyeri kronis, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Penanganan nyeri tubuh berbeda secara luas karena semua faktor terlibat dalam pengalaman nyeri individu dan banyak penyebabnya. Pengobatan nyeri mencakup obat-obatan NSAID (non-steroidal anti-inflammatory/non-steroid anti-inflamasi), kortikosteroid, atau obat analgesik.

Sebelum mendapatkan obat pereda nyeri, seperti pil atau gel topikal, memahami mengapa nyeri terjadi dan cara terbaik untuk menanganinya, dapat membantu. Jika ragu-ragu, carilah saran medis dari dokter atau apoteker lokal Anda.

*GSK Global Pain Index Research (Riset Indeks Nyeri Global GSK) 2014, laporan hal. 9

Pelajari lebih lanjut

Bagaimana Voltaren bekerja?

Pelajari cara kerja Voltaren untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan.

Selengkapnya

Nyeri & Penanganannya

Cari tahu bagaimana Anda harus menangani jenis nyeri tertentu.

Selengkapnya

Definisi dan Klasifikasi Rasa Nyeri

Mengapa rasa nyeri terjadi? Memahami pengertian dari rasa nyeri dan beberapa alasan kenapa seseorang mengalami rasa nyeri dengan cara yang berbeda-beda.

*GSK Global Pain Index Research (Riset Indeks Nyeri Global GSK) 2014, laporan hal. 8

Selengkapnya
65% orang merasakan nyeri tubuh sekurangnya sekali seminggu 65% orang merasakan nyeri tubuh sekurangnya sekali seminggu