Memahami Nyeri

Definisi dan Klasifikasi Rasa Nyeri

Mengapa rasa nyeri terjadi? Memahami pengertian dari rasa nyeri dan beberapa alasan kenapa seseorang mengalami rasa nyeri dengan cara yang berbeda-beda.

Mengartikan rasa nyeri di tubuh

Nyeri merupakan suatu hal yang sulit didefinisikan oleh International Medical Community (Komunitas Medik Internasional). Nyeri menurut International Association for The Study of Pain (IASP) saat ini adalah “Nyeri adalah sensor tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang berkaitan dengan kerusakan jaringan yang potensial atau aktual atau dijelaskan dalam istilah tersebut”. Rasa nyeri dapat menjadi akut dan berlangsung singkat atau kronis dan berlangsung lama. Ada banyak cara untuk mengklasifikasi rasa nyeri dan klasifikasi tersebut dapat menjadi tumpang tindih, tapi umumnya klasifikasi rasa nyeri diidentifikasikan sebagai berikut:

  • Nociceptive pain disebabkan oleh kerusakan pada tubuh dan memfungsikan fungsi perlindungan. Misalnya termasuk somatic pain seperti sendi, osteoarthritis, nyeri punggung atau cidera dan nyeri sehabis operasi.
  • Inflammatory pain adalah nyeri yang disebabkan oleh kerusakan pada jaringan musculoskeletal. Nyeri ini sering disebut Dull atau Aching. Hal ini paling sering terjadi pada bagian bahu, pinggul dan tangan tapi juga bisa terjadi pada punggung.
  • Neuropathic pain disebabkan oleh cedera atau malfungsi pada system somatosensory nerveous. Nyeri ini disebabkan oleh kerusakan atau penyakit yang mempengaruhi bagian system saraf. Jenis sakit ini cenderung terjadi beberapa hari atau minggu cedera dan dengan frekuensi dan intensitas yang naik turun.
65% orang merasakan nyeri tubuh sekurangnya sekali seminggu

Mengapa rasa nyeri terjadi?

Tubuh kita dapat merasakan sakit yang disebabkan oleh berbagai macam alasan. Gejala nyeri jarang terjadi dan berakibat lebih dari satu mekanisme bekerja saat kamu merasakan sakit. Somatic and Inflamatory pain dapat terjadi karena kerusakan jaringan yang berasal dari trauma, aktivitas berlebihan atau penyalahgunaan bagian tubuh. Neuropathic pain berawal dari kerusakan saraf, disfungsi atau cedera dan berakibat salah dalam mengirim sinyal menuju pusat nyeri. Nociceptive dan neuropathic pain dapat menjadi akut dan kronis. nyeri yang akut memberitahukan bahwa kita sedang sakit. sebagai contoh ketika tanganmu terbakar di piring panas. nyeri tersebut menginformasikan bahwa kamu mengalami cedera. nyeri akut dimulai secara tiba-tiba dan biasanya tidak berlangsung lama. ketika cedera sudah senmbuh, rasa nyeri akan hilang. Nyeri yang kronis lebih parah dan berlangsung lama dan harus berkonsultasi dengan doktor untuk penanganan.

**GSK Global Pain Index Research (Riset Indeks Nyeri Global GSK) 2014, laporan hal. 8

Pelajari lebih lanjut

Yang perlu Anda ketahui tentang pereda nyeri

Berikut ini penjelasan kami tentang cara kerja berbagai jenis produk pereda nyeri, guna membantu Anda memilih yang terbaik untuk nyeri Anda.

Selengkapnya

Nyeri & Penanganannya

Cari tahu bagaimana Anda harus menangani jenis nyeri tertentu.

Selengkapnya

Apa itu peradangan?

Pelajari semua tentang proses yang menyebabkan peradangan, mengapa terjadi, dan bagaimana akibat peradangan dirasakan tubuh kita.

*GSK Global Pain Index Research (Riset Indeks Nyeri Global GSK) 2014, laporan, hal. 40

Selengkapnya
73% orang mengetahui bahwa peradangan adalah penyebab utama nyeri 73% orang mengetahui bahwa peradangan adalah penyebab utama nyeri