Memahami tubuh Anda

Olahraga dan tubuh Anda

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat olahraga dan bagaimana agar tetap bugar dapat membantu Anda sehat dan bebas nyeri.

Mengapa olahraga baik untuk Anda

Terkadang, sulit untuk tetap aktif dan berolahraga, namun melakukan upaya ekstra untuk bergerak tersebut sangat berguna. Lamanya latihan yang direkomendasikan untuk orang berusia 18 hingga 65 tahun lebih adalah setengah jam sehari selama sekurangnya lima hari seminggu, ini adalah panduan minimum. Untuk manfaat kesehatan yang nyata, waktu yang dihabiskan untuk latihan harus dilipatgandakan; semakin banyak latihan, semakin baik untuk Anda.

Untuk menurunkan risiko kardiovaskular (risiko penyakit jantung) dan manfaat kesehatan, Anda harus bergerak cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung, bernapas lebih cepat dan merasa lebih hangat (mis., latihan sedang).

Manfaat yang Anda dapatkan dari latihan berdampak pada kesejahteraan fisik dan mental Anda. Riset menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan harga diri, suasana hati, kualitas tidur dan energi, serta mengurangi risiko stres dan depresi. Latihan dapat membantu memperkuat tulang dan otot, yang membantu Anda tetap bugar dan cukup sehat untuk menjalankan rutinitas sehari-hari, seperti bekerja, belanja, atau bermain dengan anak atau cucu.

Tersandung dan jatuh adalah penyebab umum cedera yang menyakitkan, khususnya pada orang manula, namun melakukan aktivitas yang memperkuat otot dan seimbang setiap minggu, bersamaan dengan aktivitas aerobik dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat, membantu mengurangi risiko terjatuh.

Mengapa olahraga baik untuk Anda

Tahukah Anda?

Orang dewasa juga harus melakukan aktivitas yang memperkuat otot menggunakan kelompok otot besar, misalnya kaki atau tangan, pada dua hari atau lebih seminggu.*

Olahraga dan osteoartritis

Latihan penting untuk orang dengan osteoartritis (jenis artritis paling umum), karena meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, mengurangi nyeri sendi dan melawan kelelahan. Latihan dapat mengurangi risiko osteoartritis dan juga membantu menurunkan berat badan, yang telah terbukti secara signifikan menurunkan risiko terkena osteoartritis lutut. Latihan dengan nyeri sendi mungkin tampak berlebihan, namun latihan sedang dapat meringankan nyeri dan membantu Anda untuk menjaga berat badan yang sehat.

Bagaimana memulai

Sebelum memulai program latihan baru, diskusikanlah dengan dokter atau pembimbing olahraga tentang jenis latihan dan gerakan yang terbaik untuk Anda. Ini akan membantu Anda menyusun rencana latihan yang akan memberikan manfaat maksimal untuk Anda.

26% pria dan 35% wanita di negara-negara berpendapatan tinggi tidak mendapatkan latihan yang memadai

Setiap orang dan situasi berbeda; oleh karenanya, latihan harus disesuaikan menurut kebutuhan pribadi Anda. Misalnya, jika Anda duduk di depan komputer sepanjang hari dan menderita nyeri leher atau punggung karena postur yang buruk, Anda dapat memasukkan peregangan ke dalam rutinitas sehari-hari, karena meregangkan otot yang kaku membantu mobilitas. Atau jika menyakitkan untuk berjalan atau berlari, Anda dapat mencoba berenang atau yoga, yang mungkin lebih ramah pada sendi yang sakit.

Apa pun yang Anda pilih, ingatlah bahwa beberapa latihan lebih baik daripada tidak sama sekali dan semakin bugar Anda, semakin baik yang Anda rasakan.

*WHO | Aktivitas fisik. 2016. WHO | Aktivitas fisik. [ONLINE] Tersedia di: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs385/en/. [Diakses 20 April 2016].

Pelajari lebih lanjut

Gerakan untuk meringankan nyeri punggung

Bergerak dapat menjadi cara terbaik untuk membantu meringankan nyeri punggung Anda. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda tetap aktif.

Selengkapnya

Nyeri & Penanganannya

Cari tahu bagaimana Anda harus menangani jenis nyeri tertentu.

Selengkapnya

Pelajari tentang tubuh Anda dan perubahannya seiring bertambahnya usia

Cari tahu bagaimana tubuh Anda bekerja, perubahan yang mungkin Anda rasakan seiring bertambahnya usia, dan bagaimana menangani nyeri tubuh yang berkaitan dengan usia.

*Laporan GSK Global Pain Index Research (Riset Indeks Nyeri Global GSK) 2014. Tersedia di: www.global-pain-index.com. Terakhir diakses 20 April 2016.

Selengkapnya
53% orang menjelaskan nyeri mereka sebagai sakit 53% orang menjelaskan nyeri mereka sebagai sakit