Pelajari tentang cedera yang umum

Cedera muskuloskeletal seperti tegang atau terkilir dapat terjadi di tempat kerja, di rumah, atau sewaktu berolahraga, dan dapat bisa berupa cedera ringan atau sangat serius. Berikut ini cedera yang umum dan bagaimana menanganinya.

Obati nyeri Anda

Cedera

Gejala dapat bervariasi tergantung pada cederanya, mulai dari yang ringan hingga yang parah dan berlangsung sebentar atau lama.

Cedera akut terjadi tiba-tiba dan mungkin disertai oleh nyeri yang tajam dan parah, pembengkakan dan kurangnya mobilitas pada area yang terdampak.

 

01

Ketegangan (saat ligamen diregangkan, terpelintir, atau robek) dan terkilir (bila serat otot meregang atau robek) adalah hal yang umum. Gejalanya meliputi nyeri, bengkak, memar, kejang otot, dan ketidakmampuan menggerakkan sendi yang terdampak dengan bebas.

02

Bagaimana cedera dapat memengaruhi Anda?

Ketegangan dan terkilir awalnya memerlukan penanganan medis profesional dan dapat menghentikan Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Cedera serius seperti patah tulang, ligamen robek, dan dislokasi dapat menyebabkan nyeri yang memerlukan penanganan medis profesional dan mengharuskan Anda untuk beristirahat untuk pemulihan.

Obati nyeri Anda

TAHUKAH ANDA?

Jangan mencoba untuk bekerja selama mengalami nyeri karena cedera muskuloskeletal. Bila merasakan nyeri, Anda harus berhenti berjalan, bermain, atau berolahraga karena dengan terus melakukannya dapat menyebabkan kerusakan bertambah parah.*

13% orang mengatakan bahwa nyeri tubuh mereka disebabkan oleh cedera.**

*Fakta Singkat Tentang Cedera Olahraga. 2016. Fakta Singkat Tentang Cedera Olahraga. [ONLINE] Tersedia di: http://www.niams.nih.gov/Health_Info/Sports_Injuries/sports_injuries_ff.asp. [Diakses 18 April 2016].
**2016. *Laporan Lengkap Global Pain Index (Indeks Nyeri Global). GSK Global Pain Index (Indeks Nyeri Global GSK)

Penyebab dan jenis-jenis

Cedera dapat terjadi saat Anda bekerja di kantor atau di rumah, berolahraga atau mengemudikan mobil. Cedera kerja dapat disebabkan karena tersandung, jatuh, atau saat mengangkat, sementara cedera olahraga yang umum mencakup cedera lutut, cedera tendon Achilles, tegang dan terkilir, dan cedera bahu.

Cedera di tempat kerja

Cedera di tempat kerja

Beberapa penyebab cedera yang paling umum di tempat kerja adalah tersandung, terpeleset dan jatuh, dan kecelakaan saat mengangkat dan penanganan manual. Jenis-jenis cedera yang paling umum di tempat kerja adalah kejang dan terkilir, cedera punggung, kepala, dan leher, serta cedera karena terkilir yang berulang.

Cedera olahraga

Cedera olahraga

Cedera olahraga dapat memengaruhi hampir setiap bagian dari tubuh Anda, termasuk otot, tulang, sendi, dan jaringan ikat (tendon dan ligamen). Jenis cedera olahraga yang paling umum adalah kejang dan terkilir. Cedera lutut dapat disebabkan selama olahraga atau latihan, akibat dari penggunaan berlebih, kerusakan tulang rawan atau ligamen robek. Cedera tendon Achilles dapat terjadi saat tendon yang menghubungkan otot betis ke tumit rusak. Cedera olahraga dapat diakibatkan karena kecelakaan, praktik latihan yang buruk, pakaian atau sepatu yang salah, kurangnya kebugaran atau tidak melakukan pemanasan dan peregangan yang memadai sebelum berolahraga.

Penanganan ahli

Penanganan cedera akan bergantung pada jenisnya dan tingkat keparahannya. Cedera ringan sering kali dapat ditangani di rumah. Untuk mengurangi peradangan dan sakit, Anda dapat menggunakan obat-obatan NSAID dari apotek. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter jika cedera menyebabkan nyeri yang parah, pendarahan berat, mati rasa, atau saat Anda tidak dapat mentolerir beban apa pun pada bagian tersebut atau jika nyeri disertai dengan pembengkakan atau ketidakstabilan sendi. Dokter dapat merekomendasikan latihan rehabilitasi untuk mengembalikan bagian tubuh yang cedera ke tingkat normal fungsi.

5 Cedera yang umum

Nyeri di balik atau di sekeliling tempurung lutut.
Nyeri di bagian luar lengan atas, tepat di bawah lekukan siku Anda.
Kejang terjadi bila ligamen Anda meregang, terpelintir, atau robek; bagian umum lainnya yang terkilir adalah lutut dan pergelangan tangan.
Nyeri terasa di sepanjang tulang kering setelah latihan.
Otot yang robek atau meregang atau tendon di bagian belakang paha; terkilir juga merupakan cedera umum di punggung.

Jelajahi beragam produk kami

Cari tahu bagaimana produk kami dapat membantu Anda

Temukan beragam produk Voltaren untuk mengetahui produk yang tepat untuk mengobati nyeri Anda.

Selengkapnya

Voltaren Emulgel produk

Pelajari lebih lanjut

Olahraga dan tubuh Anda

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat olahraga dan bagaimana agar tetap bugar dapat membantu Anda sehat dan bebas nyeri.

Selengkapnya

Pelajari tentang tubuh Anda dan perubahannya seiring bertambahnya usia

Cari tahu bagaimana tubuh Anda bekerja, perubahan yang mungkin Anda rasakan seiring bertambahnya usia, dan bagaimana menangani nyeri tubuh yang berkaitan dengan usia.

Selengkapnya

Yang perlu Anda ketahui tentang pereda nyeri

Berikut ini penjelasan kami tentang cara kerja berbagai jenis produk pereda nyeri, guna membantu Anda memilih yang terbaik untuk nyeri Anda.

*Laporan GSK Global Pain Index (Indeks Nyeri Global GSK) 2014

Selengkapnya
40% orang yang merasakan nyeri tidak tahu obat apa yang akan digunakan untuk nyeri mereka 40% orang yang merasakan nyeri tidak tahu obat apa yang akan digunakan untuk nyeri mereka