Memahami Nyeri

Yang perlu Anda ketahui tentang pereda nyeri

Berikut ini penjelasan kami tentang cara kerja berbagai jenis produk pereda nyeri, guna membantu Anda memilih yang terbaik untuk nyeri Anda.

Beberapa jenis produk pereda nyeri

Obat-obatan tersedia untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh sakit kepala, sakit, atau sakit otot atau sendi dan osteoartritis. Ada banyak jenis obat nyeri yang dapat dipilih, dan beberapa jenis nyeri merespons lebih baik dengan pengobatan tertentu dari yang lainnya. Oleh karenanya, penting untuk menentukan pilihan yang tepat untuk mengobati nyeri Anda secara paling efektif. Setiap obat memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun Anda dapat meminta bantuan para ahli untuk memilih jenis obat pereda nyeri yang paling efektif untuk kondisi Anda.

Tempat pertama untuk meminta saran adalah apoteker Anda. Mereka ahli dalam semua pengobatan dan sering dapat membantu Anda menemukan penanganan yang terbaik untuk nyeri Anda. Jika nyeri Anda lebih parah, maka dokter dapat membantu mengidentifikasi penyebab nyeri dan menemukan penanganan yang sesuai.

Terapi dengan obat OTC (yang dijual bebas tanpa resep dokter), umumnya digunakan untuk meredakan nyeri akut hingga sedang. Obat yang diresepkan oleh dokter umumnya merupakan obat pereda nyeri yang lebih efektif. Obat pereda nyeri apa pun hanya boleh digunakan sebagaimana yang ditunjukkan oleh dokter atau apoteker Anda.

Sementara banyak pereda nyeri mengandung obat yang membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan, juga ada produk non-medikasi yang tidak mengandung bahan aktif. Produk ini biasanya bekerja dengan memanaskan atau mendinginkan bagian yang terdampak untuk menghilangkan rasa nyeri dan mengurangi bengkak.

Beberapa jenis produk pereda nyeri

TAHUKAH ANDA?

Beberapa orang terlahir dengan kondisi yang disebut analgesia bawaan, artinya mereka tidak dapat merasakan sakit fisik.*

Analgesik

Asetaminofen (parasetamol) adalah analgesik yang meredakan nyeri dan mengurangi demam dengan memengaruhi bagian otak yang menerima pesan nyeri dan mengontrol suhu tubuh. Intinya, otak Anda tidak mencatat rasa sakit yang dikirim dari bagian tubuh Anda yang rusak.

Asetaminofen dapat dibeli dari apotek, meskipun dapat diresepkan oleh dokter dalam dosis yang lebih kuat atau bila digabungkan dengan bahan aktif lainnya. Asetaminofen adalah bahan aktif yang ditemukan di banyak obat OTC dan obat-obatan resep, tidak hanya pereda nyeri, tetapi juga obat batuk dan pilek. Dalam bentuk OTC, obat ini telah terbukti efektif bagi orang yang mengalami nyeri ringan hingga sedang.

*congenital insensitivity to pain (ketidakpekaan bawaan terhadap rasa nyeri) - Genetics Home Reference. 2016. congenital insensitivity to pain (ketidakpekaan bawaan terhadap rasa nyeri) - Genetics Home Reference. [ONLINE] Tersedia di: https://ghr.nlm.nih.gov/condition/congenital-insensitivity-to-pain.

NSAID

NSAID tersedia dalam bentuk topikal atau oral, OTC dan hanya berdasarkan resep pada jenis dan kekuatan obat tertentu. NSAID membantu mengurangi demam, bengkak, dan peradangan serta meredakan nyeri. Obat-obatan umum dalam kelompok NSAID mencakup diklofenak, ibuprofen, dan aspirin.

NSAID dapat menjadi sangat efektif pada banyak jenis gangguan atau cedera muskuloskeletal yang menyakitkan. Harus diperhatikan bahwa NSAID oral terkadang menyebabkan efek samping gastrointestinal atau kardiovaskuler, misalnya, sementara formulasi topikal terkadang dapat menyebabkan iritasi kulit di bagian yang dioleskan. Oleh karenanya, meskipun banyak orang dapat menggunakan NSAID tanpa masalah apa pun, konsultasikan selalu dengan dokter Anda sebelum menggunakannya untuk waktu yang lama atau jika Anda memiliki masalah apa pun.

Pengobatan non-medikasi

40% orang yang merasakan nyeri tidak tahu obat apa yang akan digunakan untuk nyeri mereka

Sebagaimana pengobatan nyeri, juga ada banyak pengobatan non-medikasi yang menawarkan pereda nyeri Umumnya cara ini bekerja dengan memanaskan dan/atau mendinginkan bagian atau sendi yang terdampak. Pereda nyeri dengan panas bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke bagian tempat Anda merasakan nyeri, misalnya di punggung jika Anda merasakan sakit punggung. Juga dapat merelaksasikan otot di area yang terdampak tersebut.

Di sisi lain, dingin, bekerja dengan memengaruhi serabut saraf besar, untuk sementara mematikan rasa nyeri yang ditransmisikan ke serabut saraf yang lebih kecil. Dingin dapat mengurangi bengkak dan peradangan dengan mengontraksikan pembuluh darah (suatu proses yang disebut vasokonstriksi). Sering disarankan untuk menggunakan es, pada saat Anda mengalami cedera olahraga, seperti pergelangan kaki atau lutut kejang atau terkilir, untuk membantu mengurangi bengkak.

**Laporan GSK Global Pain Index (Indeks Nyeri Global GSK) 2014

Pelajari lebih lanjut

Apa itu nyeri?

Dapatkan pemahaman lebih baik mengapa tubuh kita merasakan sensasi nyeri dan hal-hal yang menyebabkan nyeri pada tubuh.

Selengkapnya

Nyeri & Penanganannya

Cari tahu bagaimana Anda harus menangani jenis nyeri tertentu.

Selengkapnya

Bagaimana Voltaren bekerja?

Pelajari cara kerja Voltaren untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan.

*dibandingkan dengan gel atau plasebo

Selengkapnya
Voltaren Emulgel menawarkan pemulihan nyeri otot 2x lebih cepat Voltaren Emulgel menawarkan pemulihan nyeri otot 2x lebih cepat